5 Cara Menjawab Interview Agar Lolos Kerja

Menjawab interview adalah hal yang sangat penting dalam dunia kerja. Cara menjawab interview memang harus diketahui untuk para pelamar kerja.

Setiap perusahaan pasti akan melakukan sesi interview untuk dapat merekrut karyawan-karyawan baru. Tidak jarang pula banyak pelamar kerja yang gagal pada tahap interview karena tidak mengetahui cara yang benar untuk menghadapi proses interview.

Cara Menjawab Interview

Cara Ampuh Menjawab Interview Agar Lolos Kerja, Terbukti dan Sudah Pasti Diterima !

Cara Menjawab Interview

Sampai pada tahap interview dan ingin lolos kerja ? beginilah tips menjawab interview dengan baik dan benar.

1. Menjawab Dengan Penuh Percaya Diri

Kunci utama cara menjawab interview adalah lakukan dengan penuh semangat dan percaya diri. Perusahaan ingin mengetahui seberapa besar niat para pelamar untuk bekerja diperusahannya.

Berpikirlah dengan matang agar jawaban yang dikeluarkan tersusun dengan baik. Namun tetap berpikirlah dengan cepat, jangan sampai pihak perusahaan menunggu jawaban terlalu lama.

Hal yang perlu dihindari dalam menjawab interview adalah menjawab dengan bertele-tele dan ragu-ragu. Hal ini jelas akan mengurangi penilaian.

Pihak perusahaan juga akan ragu-ragu terhadap kinerja pelamar nantinya. Maka sebab itu gunakanlah kata-kata yang meyakinkan, fokus pada pertanyaan dan jangan terlalu berlebihan.

Pakailah Bahasa secara formal baik dan benar. Apabila pelamar memutuskan untuk berbicara dalam Bahasa Inggris tetaplah konsisten, namun jangan sekali-kali mencampurkan 2 bahasa. Hal ini akan memperlihatkan kualitas diri yang tidak konsisten

2. Utarakan Tentang Diri Sendiri

Biasa perusahaan ingin mengetahui pribadi pelamar pada tahap awal sesi interview. Pada saat inilah pelamar harus bisa menjelaskan kepribadian yang dimiliki.

Ingat! Tidak boleh berlebihan dengan hanya menjelaskan kebaikan yang ada di dalam diri. Jelas perusahaan akan meragukan jawaban tersebut.

Tipsnya adalah boleh menjelaskan kekurangan yang ada di dalam diri namun dibarengi dengan sifat-sifat positif maupun kebiasaan positif. Misalkan “saya adalah pribadi yang pelupa untuk menghindari hal tersebut saya selalu menuliskan hal-hal penting dalam sebuah note yang akan selalu saya bawa”.

Tetaplah rendah hati dalam mengutarakan diri sehingga tidak terkesan menyombongkan diri, karena banyak perusahaan yang tidak menyukai semangat yang berlebihan hingga seperti menyombongkan diri.

Namun jangan pula terlalu rendah diri, hal ini justru akan membuat perusahaan berpikir dua kali untuk menerima pelamar.

3. Ketahui Secara Mendalam Tentang Perusahaan Yang Dipilih

Cara menjawab interview agar lolos adalah mengetahui segala informasi tentang perusahaan yang dipilih. Maka para pelamar sebelumnya harus sudah mempelajari secara mendalam mengenai perusahaan tersebut.

Biasanya penilai akan memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan perusahaan. Hal ini untuk memastikan bahwa pelamar benar-benar menyiapkan diri untuk bekerja di dalamnya.

Perbanyak referensi mengenai perusahaan tersebut sebagai bekal mengikuti tahap Interview. Persiapkan hal ini sebelum hari interview tiba untuk lebih mempersiapkan diri.

Jangan nekat untuk melakukan tahap interview tanpa persiapan apapun. Perlu diingat bahwa perusahaan besar memiliki banyak pelamar jadi jika melamar dengan asal-asalan maka jelas tidak akan lolos.

4. Alasan Mengapa Memilih Perusahaan Tersebut

Utarakan pula alasan mengapa memilih perusahaan tersebut. Hindari jawaban yang menyatakan tentang besarnya gaji karena hal ini bukan yang diinginkan setiap perusahaan. Jawablah mengenai keunikan dan keunggulan dari perusahaan tersebut, sehingga dapat meyakinkan perusahaan.

Apabila ditanyai mengenai alasan keluar dari perusahaan sebelumnya, jawablah dengan bijak tanpa menjelek-jelekkan perusahaan lama. Menjelekkan perusahaan lama dapat membuat pihak perusahaan tidak percaya terhadap kinerja pelamar nantinya.

Berlatihlah untuk menyusun kata-kata agar tidak terjebak pada jawaban sendiri karena pasti akan muncul pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan jawaban sebelumnya.

5. Jelaskan Skill Yang Dimiliki

Memberikan penjelasan mengenai skill dan kemampuan yang dimiliki merupakan cara menjawab interview agar lolos dalam perusahaan yang diinginkan. Setiap perusahaan pasti ingin mengetahui keahlian-keahlian yang dimiliki oleh para calon karyawan.

Beritahukan pula prestasi-prestasi yang telah diraih disertai dengan data pendukung seperti sertifikat. Hal tersebut jelas akan menambah nilai pada proses interview.

Namun jangan pernah berbohong tentang kemampuan yang dimiliki karena bisa saja pihak perusahaan akan mengetes para pelamar secara langsung tentang kemampuannya.

Contohnya saja jika pelamar memiliki keahlian dalam pengoperasian corel draw maka bisa saja tim penilai akan memerintahkan pelamar untuk mengoperasikan corel draw secara langsung dihadapan tim penilai. Maka jelaskanlah kemampuan yang benar-benar dimiliki.

Begitulah 5 cara menjawab interview agar pelamar langsung diterima pada perusahaan yang diinginkan. Ingatlah kembali bahwa proses interview adalah tahapan yang sudah jauh ketika melamar kerja, maka lakukanlah kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

 

Info Penting:

  • Follow instagram @jobsumbarcom untuk update lowongan terbaru setiap harinya
  • Harap MEMBACA KESELURUHAN INFORMASI dengan Teliti Agar dapat dipahami.
  • Proses seleksi rekrutmen lowongan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun
Perhatian: Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.

Share this post