7 Tips Memilih Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Memilih pekerjaan untuk seseorang yang baru saja lulus atau disebut dengan fresh graduate merupakan tips yang sangat penting.

Belum memiliki pengalaman dalam dunia pekerjaan membuat para fresh graduate kadang salah memilih pekerjaan bahkan salah dalam melamar pekerjaan. Maka penolakan pun akan sering didapatkan.

Memilih Pekerjaan

Tips Memilih Pekerjaan Untuk Fresh Graduate

Tips Memilih Pekerjaan

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin memilih sebuah pekerjaan. Beriklut ini Tips memilih pekerjaan versi Jobsumbar.com

1. Cari Pekerjaan Yang Cocok Berdasarkan Lulusan

Memilih pekerjaan memang harus disesuaikan dengan lulusan yaitu fakultas yang dipilih. Hal tersebut bertujuan untuk membuat ijazah dan pekerjaan yang dilakukan linier ,serta telah mengetahui atau ahli dalam bidang tersebut. Pihak perusahaan akan lebih mengutamakan pelamar yang bidangnya linier dengan ijazah lulusan.

Namun ada pula beberapa perusahaan yang tidak melihat fakultas atau jurusan yang diambil dengan posisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu setiap perusahaan pasti akan memberikan pengumuman secara rinci mengenai persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar.

2. Lamar Pada Perusahaan Yang Jelas

Memilih pekerjaan yang baik dan benar adalah mendaftar pada perusahaan yang jelas. Pelamar harus mengetahui terlebih dahulu mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan. Hal ini akan mencegah dari tindak penipuan kepada para calon karyawan.

Terlebih jika pelamar mendaftar pekerjaan melalui cara online maka wajib hukumnya mengetahui perusahaan secara mendalam beserta track recordnya. Jangan sampai ketika sudah mulai bekerja sistem perusahaan tidak berjalan dengan baik. Hati-hati terhadap penipuan jangan terlena hanya karena iming-iming gaji tinggi.

3. Lamar Diberbagai Perusahaan

Untuk para fresh graduate adalah wajib hukuman melamar di berbagai perusahaan baik melalui email, web penyedia jasa pekerjaan maupun datang secara langsung ke perusahaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penolakan dalam mendaftar pekerjaan. Tidak semua perusahaan yang dimasuki akan menerima surat lamaran kerja yang dikirim.

Setelah surat lamaran kerja mendapat balasan dari perusahaan, pada tahap inilah pelamar bisa mulai memilih-milih perusahaan yang paling cocok dengan pelamar. Segera balas bila ada email atau balasan dari surat lamaran yang telah dikirim.

4. Lamar Pada Perusahaan Yang Memberikan Gaji UMR atau Mendekatinya

Untuk lulusan D3 dan S1 telah berhak mendapatkan gaji umr ataupun yang mendekatinya. Lihat pula beban kerja yang akan didapatkan dan sesuaikan dengan penghasilan yang akan didapat. Namun harus diperhatikan pula bahwa jangan terlalu mematok gaji yang terlalu tinggi.

Utamakan pengalaman kerja yang akan didapatkan nantinya sehingga jangan mematok gaji yang terlalu tinggi. Kesalahan yang sering terjadi adalah para fresh graduate terlalu memilih pekerjaan yang memberikan gaji tinggi. Hal tersebut justru akan membuat para fresh graduate akan lama mendapatkan pekerjaan.

5. Penuhi Semua Persyaratan

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan para fresh graduate adalah melengkapi semua persyaratan yang diinginkan perusahaan dengan baik. Hati-hati dalam melengkapi pemberkasan karena biasanya pemberkasan adalah tahap awal saat melamar pekerjaan.

Perhatikan dengan baik agar tidak ada dokumen yang kurang bahkan tertinggal atau salah mengirim. Hal kecil seperti ini memang jarang diperhatikan namun ternyata banyak terjadi kesalahan hanya karena berkas yang tidak lengkap. Akibatnya para fresh graduate tidak lolos pada perusahaan yang dilamar.

6. Kontrak Kerja

Carilah perusahaan yang memiliki kontrak kerja sesuai yaitu kontrak kerja yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu sebentar. Kontrak kerja akan menentukan karir para karyawan ke depannya. Maka usahakan mencari informasi yang jelas mengenai kontrak kerja yang akan diberikan perusahaan tersebut.

Sistem kontrak kerja yang jelas dan pasti akan menggambarkan kualitas suatu perusahaan. Melalui kontrak kerja tersebut pelamar juga dapat mengetahui bahwa perusahaan tersebut bukan abal-abal. Maka para calon karyawan akan terjamin. Kontrak kerja juga akan memperjelas jobdesk, hak dan kewajiban yang akan didapatkan nantinya.

7. Ketahui Lokasi Perusahaan

Mengetahui lokasi perusahaan juga sangat penting untuk melakukan perhitungan budget. Apakah dengan jarak tertentu gaji yang diberikan akan cukup untuk biaya perjalanan dan kehidupan? Hal ini juga harus diperhatikan. Agar sistem keuangan dapat terencana dengan baik sejak awal.

Selain itu mengetahui lokasi juga akan memastikan bahwa perusahaan tersebut benar-benar ada, terlebih jika pelamar mendaftar pada perusahaan yang letaknya cukup jauh dan diminta untuk segera datang ke perusahaan. Jangan sampai pelamar tertipu dan tidak tau letak perusahaan.

Itulah beberapa tips memilih pekerjaan untuk fresh graduate. Jangan sampai salah langkah dan memiliki waktu menganggur yang lama. Segeralah untuk melamar pekerjaan, semoga berhasil!

 

Info Penting:

  • Follow instagram @jobsumbarcom untuk update lowongan terbaru setiap harinya
  • Harap MEMBACA KESELURUHAN INFORMASI dengan Teliti Agar dapat dipahami.
  • Proses seleksi rekrutmen lowongan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk TIDAK DIPUNGUT BIAYA apapun
Perhatian: Kami tidak pernah meminta imbalan atau biaya dalam bentuk apapun terhadap rekrutmen disitus ini apabila ada pihak yang mengatasnamakan kami atau perusahaan meminta biaya seperti transportasi atau akomodasi atau yang lainnya bisa dipastikan itu PALSU.

Share this post