Mengenal Apa Itu Unique Selling Point (USP) dan Hal Penting didalamnya

Mengenal Apa Itu Unique Selling Point (USP) dan Hal Penting didalamnya – Membuat bisnis sendiri tentu memiliki tantangan tersendiri dalam mengembangkannya. Jika Anda bisa menghadapinya dengan baik, maka peluang sukses bisa Anda dapatkan.

Dalam mengembangkan bisnis Anda, selain fokus dan komitmen dalam menjalankannya, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu Unique Selling Point (USP).

Bagi Anda pebisnis baru, mungkin ada yang belum terlalu mengenal istilah Unique Selling Point ini. Dalam dunia bisnis pasti ada yang namanya persaingan dan dalam menghadapi persaingan bisnis, karena itu Anda perlu memiliki USP.

Apa Itu Unique Selling Point (USP) ?

Unique Selling Point (USP) adalah suatu hal yang membedakan bisnis atau brand Anda dengan bisnis orang lain, salah satunya termasuk kompetitor Anda. Intinya USP harus dapat menjadikan brand Anda menjadi lebih baik dari brand lain.

Hal apa saja yang bisa dijadikan sebagai USP brand Anda? Sebelum menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dari hasil riset inilah Anda bisa mendapatkan beberapa poin yang bisa dijadikan USP untuk brand Anda.

Anda bisa temukan satu atau beberapa hal yang membuat bisnis Anda berbeda. Bisa dari keunikan produk, packaging produk, harga produk, warna brand, bahkan sampai ke pelayanan pun bisa dijadikan sebuah keunikan dari bisnis Anda.

Dari keunikan inilah bisa menjadi sebuah keunggulan atau value dari brand Anda yang membuat audience akan membeli produk Anda berkali-kali. Pada akhirnya mereka akan menjadi loyal customer Anda.

USP dilakukan pada saat awal bisnis Anda dibangun. Lebih mudah membangun USP di awal ketika bisnis berkembang dibanding ketika bisnis sudah berkembang lalu USP mulai dipikirkan. Akan sulit membranding brand Anda kedepannya.

USP ini berhubungan dengan branding bisnis Anda. Audience akan sadar dari awal bahwa brand Anda memang ternyata berbeda dan unik dibanding brand yang sama lainnya. Memiliki testimoni dari customer Anda juga bisa menjadi bagian dari USP brand Anda. Testimoni dapat memberikan rasa trust kepada brand Anda.

Setelah USP sudah terbentuk, Anda sudah bisa mulai memasarkan kepada target market Anda sesuai dengan riset pasar yang sudah Anda bangun.

Anda bisa pasarkan melalui banyak jalur, bisa jalur konvensional dan bisa juga jalur online. Jalur pemasaran konvensional adalah seperti membuka toko atau kantor. Dimana pelanggan Anda bisa langsung take away produk Anda atau jika bisnis Anda dibidang jasa, mereka bisa melihat langsung fisik kantor dan dapat bernegosiasi langsung di tempat dengan Anda.

Sedangkan jalur pemasaran secara online, Anda bisa manfaatkan yang namanya digital marketing. Seperti media sosial, marketplace sampai memiliki website sendiri. Media atau platform ini juga merupakan toko atau kantor bisnis Anda, hanya bedanya dalam bentuk virtual.

Agar pelanggan Anda memiliki rasa percaya dengan brand Anda, sudah waktunya memikirkan yang namanya website sendiri. Ibaratnya Anda akan berjualan di ruko sendiri, bukan di supermarket atau mall yang memiliki banyak vendor.

Buatlah website yang memiliki ciri khas dari brand Anda dengan menampilkan USP yang sudah Anda buat. Membuat website itu perlu domain dan juga hosting, ibarat kalau mau buka toko sendiri harus bangun ruko dan perlu kavlingnya terlebih dahulu.

Tentu pilihlah kavling yang terbaik agar tokonya berdiri dengan baik juga. Pilih kavling dan ruko yang dapat dipercaya. Begitu juga dengan website, pilihlah cloud hosting terbaik seperti domainesia.com. Mulai dari harga dan juga tim mereka bisa dipercaya dan diandalkan ketika ada masalah terjadi pada website Anda.

Kenapa brand bisnis Anda perlu website yang terbaik? Sekali lagi inti dari USP adalah jadikan brand Anda berbeda dengan brand lainnya. Dengan adanya website bisa menjadi salah satu identitas brand Anda dan berbeda dari brand lain.

Dengan begini terbentuklah posisi brand Anda di pasar, terutama pasar yang target marketnya sama dengan produk atau jasa bisnis Anda.

Selain itu juga memudahkan para customer untuk melihat produk yang unggul diantara beberapa produk yang sama dengan melihat dari tampilan websitenya di awal. Dan mereka memilih produk atau jasa Anda karena keunikannya.

Bagaimana agar website Anda terlihat berbeda? Website sekali lagi adalah seperti toko Anda, maka buatlah pengunjung dan pelanggan Anda nyaman ketika masuk ke toko Anda. Gunakan USP Anda di dalam website Anda.

Jadi ketika calon pelanggan Anda melihat website Anda, mereka sudah langsung melihat USP pada brand Anda. Lalu apa saja yang perlu Anda persiapkan dan lakukan dalam proses pembuatan dan pengembangan website Anda?

1. Nama Domain.

Domain adalah alamat dari toko Anda yang biasanya dalam bentuk www.domainbrandanda.com. Agar customer Anda dapat langsung mengenal brand Anda, Anda bisa membuat domain dengan nama brand Anda.

2. Kapasitas Hosting.

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data seperti file dokumen promosi brand Anda berupa gambar, video atau tulisan yang nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website.

3. Desain Website Yang Sesuai USP Brand

Ketika membuat USP, Anda perlu tentukan ‘Warna’ apa yang memberikan ciri khas dari brand Anda.

Aplikasikan pada website Anda agar ketika customer Anda mengetik nama domain brand Anda dan membukanya sudah langsung percaya bahwa itu adalah website official dari brand Anda, karena mereka mengenalnya dari warna di website Anda.

4. Isi Website

Isi website jangan terlalu rumit. Buat customer atau pengunjung website Anda merasakan kemudahan ketika belanja produk di website Anda.

Mulai dari pemilihan barang, pembayaran hingga tracking pemesanan mereka. Ketika semua dipermudah dan dibuat nyaman, maka mereka pun akan belanja lagi ke toko Anda bahkan akan dengan senang hati merekomendasikan toko Anda ke kerabat mereka.

Baca juga : promo domain xyz terbaru

5. Cloud Hosting yang Dipercaya

Pilih cloud hosting yang sudah berpengalaman. Domainesia.com adalah cloud hosting yang tidak perlu diragukan lagi. Keunggulan dari domainesia.com antara lain:

  • SSD Super Cepat : SSD di Domainesia memiliki performa website yang secepat kilat dengan 100% Enterprise SSD.
  • Mendukung IPv6 : Website dapat diakses dengan jaringan IPv6 yang lebih mutakhir.
  • Gratis Domain & Gratis SSL : Pembelian minimal hosting Super 1 tahun gratis domain dan SSL
  • 5 lokasi Server : Bebas pilih lokasi server di Indonesia, Singapura, Jepang, Inggris & Amerika

Semoga dengan pemaparan diatas, Anda dapat mengenal apa itu Unique Selling Point (USP) dan bisa mengaplikasikan pada brand bisnis Anda. Diharapkan dengan memahaminya, bisnis Anda bisa berkembang dengan pesat dan omset pun besar.

Jangan lupa juga perhatikan website brand atau perusahaan Anda untuk meningkatkan USP pada brand Anda. Percayakan dengan cloud hosting terbaik yaitu Domainesia.com. Silahkan cari tahu tambahan informasinya ke customer service Domainesia.com. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *